Pura Tirta Empul

6 Desember 2018 130x Tempat Wisata Bali

Beranda » Tempat Wisata Bali » Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul

Pura Tirta Empul Tampaksiring menjadi objek wisata dan target kunjungan saat perjalanan tour di Bali. Akses menuju objek wisata ini cukup mudah dan strategis karena berada pada jalur wisata  Ubud – Kintamani, sehingga tempat ini wajib untuk dikunjungi. Tirta Empul sebuah tempat pemandian suci dan disakralkan oleh warga Hindu, setiap perayaan hari suci agama Hindu selalu ramai oleh warga lokal untuk menyucikan diri.

Lokasi Pura Tirta Empul

Lokasi Pura Tirta Empul Gianyar berada cukup jauh dari tempat parkir kendaraan, dan hujan gerimis rapat telah turun ketika kami tiba di parkiran yang cukup luas. Beruntung tersedia cukup banyak payung yang bisa disewa dari anak-anak mangkal di tempat parkir, sehingga tidak perlu berhujan-hujan untuk sampai ke lokasi yang kami tuju.

Ada arca di puncak candi kecil dekat tempat parkir Pura Tirta Empul Gianyar. Arca pria itu berdiri dengan posisi kaki sedikit menekuk, tangan kanan di depan dada, dan telapak tangan kiri menghadap ke atas menyangga kendi. Kepala arca mengenakan makuta. Mungkin arca ini adalah Dewa Wisnu yang tengah memegang Tirta Amrta, air kehidupan.

Setelah berjalan menyusuri jalan setapak selama beberapa saat, akhirnya kami melewati sebuah gapura candi bentar dan memasuki sebuah tanah lapang luas dengan pendopo cukup besar berada di sisi sebelah kanan. Ada banyak orang yang berteduh di pendopo, menunggu hujan gerimis reda. Namun ternyata ada banyak pula yang berada di kolam.

Sejarah Singkat Pura Tirta Empul

Alkisah lebih dari seribu tahun lalu hidup seorang raja jahat sakti bernama Mayadenawa yang bisa merubah dirinya menjadi bentuk apa saja. Pendeta Sang Kulputih pun memohon Batara Indra untuk membunuh Mayadenawa. Pasukan Mayadenawa pun berhasil dikalahkan oleh pasukan Batara Indra dan sisanya melarikan diri. Beruntung malam tiba.

Malam itu, dengan memiringkan telapak kakinya agar tidak meninggalkan jejak, Mayadenawa berjalan menyusup ke dalam kemah pasukan Batara Indra untuk membuat mata air Cetik (racun). Peristiwa ini menjadi asal nama Tampaksiring, berarti tanpa jejak. Esoknya banyak pasukan Bhatara Indra ditemukan mati setelah minum air Cetik.

Bhatara Indra pun menancapkan tombak pusakanya ke tanah, dan terpancarlah air suci yang menghidupkan kembali seluruh pasukan. Mata air ini disebut Tirta Empul, atau air bergelembung. Mengetahui usahanya gagal, Mayadenawa lari seraya merubah bentuk berkali-kali, namun tidak bisa menipu Batara Indra yang terus mengejarnya.

Tour Di Bali Ke Objek Wisata Pura Tirta Empul Tampak Siring

Dalam website ini disediakan Paket Kintamani Tour yang mengantar anda berkunjung dengan tujuan utama ke objek wisata Kintamani, termasuk juga ke Tirta Empul Tampak Siring. Cara lainnya anda bisa memakai jasa sewa mobil di Bali, termasuk juga dengan supir wisata yang sudah paham tentang peta jalan.

Tempat Wisata Terdekat

  • Danau Dan Gunung Batur
  • Tegallalang

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.